Hobbers apakah kamu setuju kalo setiap umat manusia perlu untuk meningkatkan kreatif dan inovatif ? Kita semua pasti setuju, sebagai umat manusia membutuhkan pengembangan diri dalam diri kita untuk mencapai yang kita inginkan dan melatih ketajaman pola pikir kita sendiri.

Apalagi zaman modern telah mengubah aktivitas kita semua yang dulu semua dilakukan dengan cara offline sekarang semua dapat berjalan dengan cara online.  Bila kita tidak mau melakukannya atau kekeuh dengan cara lama yang digunakan, maka kita dalam posisi bahaya. Begitupun juga dengan meningkatkan soft skill kita bila tidak ditingkatkan kita merasa ketinggalan jauh.

Kreatif dan inovatif
Gambar dari Unsplash

Semua orang pernah bilang kalo kita ingin kerja di perusahaan modern termasuk dengan perusahaan ternama sangat butuh pikiran inovasi dan kreatifitas. Lowongan pekerjaan di perusahaan ternama semua dominan membutuhkan seorang IT. Permasalahannya gimana kita bisa mengikuti pola pikir tersebut supaya kita tidak terlihat orang ketinggalan zaman?

Pengertian Kreatif dan Inovatif

  1. Kreatif

Kata kreatif menurut KBBI adalah memiliki daya cipta atau memiliki kemampuan untuk menceptikan. Kalo secara umum adalah kemampuan yang ada pada individu atau kelompok yang memiliki suatu terobosan baru atau pendekatan tertentu dapat memecahkan masalah dengan cara yang berbeda

  1. Inovatif

Kata inovatif menurut KBBI adalah bersifat memperkenalkan sesuatu yang baru atau ber-sifat pembaruan. Kalo secara umum adalah mencurahkan ide atau segala kemampuan kita dalam menciptakan sesuatu yang baru bagi diri kita maupun masyarakat dan lingkungan sekitar kita.

Picture from Unsplash

Kedua kata ini adalah penting buat kita sendiri sebagai nilai tambah pada kepribadian kita dan kata ini sangat berguna untuk memulia jiwa usaha kita. Banyak parah tokoh-tokoh didunia yang menciptakan ide kreatif dan inovatif buat dunia contohnya Steve Jobs dengan produk Apple nya, Bill Gates dengan Microsoft nya, dua tokoh yang mengubah tantanan dunia mendaji mesin learning sebuah search engine google yaitu Sergey Brin dan Larry Page dan masih banyak lagi para founder-founder yang berhasil mengubah dunia

Baca Juga : Hobi Membaca Buku Bisa Dapat Penghasilan? Begini Caranya!

Tips Meningkatkan Kreatif dan Inovatif

Disini kami akan membagi tips buat kamu yang ingin meningkatkan kreatif dan inovasi dalam diri kita. Berikut ini tips meningkatkan kreatif dan inovatif :

  1. Amatilah Lingkungan Sekitarmu

Salah satu mengawali untuk menikatkan kreatifitas dan inovasi adalah Amatilah lingkungan sekitar kamu, mulailah rasa kepekaan akan muncul. Seorang pengusaha memulai bisnisnya selalu melihat celah di lingkungannya dan kompetitornya.

Jangan lupa juga untuk selalu bersosialisasi dan mendengar pendapat dari orang lain. Selalu buka mata dan telinga bila sesuatu inovasi yang baru menghampiri dunia bisa saja inovasi-inovasi baru akan menggebrak dunia supaya kita tidak merasakan ketinggalan jaman.

  1. Buatlah Pertanyaan “What if..” Dalam Diri Anda

Para founder perusahaan alat canggih pernah berpikir cara mengubah objek yang ada menjadi sebuah barang yang lebih berguna lagi. Contohnya founder Apple, Steve Jobs mengubah handphone yang berawal hanya untuk telepon dan teks SMS membuat hanphone menjadi sebuah smartphone kelauran produknya sendiri setelah itu mengubah dunia.

Pertanyakan diri kreatif dan inovatif
Picture from Unsplash

Sebuah inovasi bermulai dari sebuah penggunaan objek yang sering kita gunakan. Tidak ada inovasi yang datang begitu saja pasti selalu berawal yang pernah kita gunakan atau sering digunakan. Inovator selalu berpikir kegunaan objeknya mengarah ke lebih mudah atau lebih berguna.

Maka mulai saat ini kita coba melatih diri kita untuk membangun pola pikir kita sendiri dalam bentuk pertanyaan, yaitu:

  • Bagaimana jika saya mengubah (Sebuah objek, sebuah kebiasaan, sebuah sistem dan lain-lain) dan apa yang terjadi?
  • Bagaimana jika saya melakukan perubahan atau meningkatkan inovasi di tahun akan mendatang?
  • Jika saya diinvestasikan uang triliunan rupiah apa yang saya lakukan untuk memperbaikinya?

Itulah tiga pertanyaan yang bisa kamu renungkan membantu kamu untuk mengikatkan kreatifitas dan inovasi.

  1. Perluaslah Networking

Berkenalan orang baru janganlah kita merasakan malu atau tidak enak hati, enjoy saja dan rasakan dampaknya bagi kamu. Banyak beratanyalah pada orang-orang kreatif atau inovator seperti layaknya kita menjemput bola, ilmu itu tidak akan menghampirimu tapi kamu yang menjemputnya.

Kita pernah dengar pepatah “Banyak Teman Maka Banyak Rezeki” maksudnya bila kita memperlebar networking maka kita mendapatkan ilmu-ilmu baru berdasarkan bidangnya masing-masing. Makanya kita pernah baca berita atau informasi para-CEO ngumpul di suatu tempat.

Networking tips meningkatkan kreatif dan inovatif
Picture from Unsplash

Setiap perkumpulan yang kamu ikut ambilah sudut pandang mereka. Lalu kamu terapkan diri Anda pada posisi orang lain untuk mengetahui seseorang atas Tindakan yang kamu ambil.

So, hobbers mulai lah diri kamu untuk menjemput ilmu dari orang-orang kreatif! Jangan kamu merasakan rugi selagi perjalanmu masih panjang.

  1. Lakukan Brainstorming

Setelah memperluas networking lalu buatlah lingkungan yang support kamu. seorang founder atau CEO ternama pasti sering melakukan diskusi dengan timnya supaya bisa memajukan produk yang sedang dikembangkan. Begitupun juga seorang kreatif yang melakukan tukar pikiran bersama dengan orang kreatif.

brainstorming salah satu tips kreatif dan inovatif
Picture from Unsplash

Meningkatkan kreatif dan inovatif kamu perlu lingkungan yang mendukung kamu, kenapa? Karena ketika kita mempunyai support system sangat berdampak pada mental kamu dan mendapatkan ide-ide. Bisa kamu lakukan diskusi dengan tim kamu atau kamu bisa mengikuti forum group.

  1. Mulailah Bergerak Jangan Ditunda-tunda!

Zona nyaman adalah dimana kegiatan yang sering kita lakukan berkali-kali, terasa begitu familiar. Padahal kita tahu kalo hidup terlalu nyaman sangat membahayakan pada diri kita karena tidak merasakan kemajuan dalam diri kita. Untuk melepaskannya sangat sulit kita merasakan dilema yang begitu tinggi, makanya kita perlu semangat yang begitu tinggi dan selalu ingat apa tujuan kita.

Bergeraklah
Picture from Unsplash

Selagi usia kita masih muda alangkah baiknya mulailah bergerak bila ide kamu sudah ada. Asalkan kamu tau banyak orang diluar sana mempunyai ide yang sama dengan kamu tapi mereka memulainya lebih awal.

So, Hobbers jangan terlalu lama berpikir langsung take action!

  1. Jangan Terlalu Tinggi Ber-Ekspektasi

Setiap manusia punya harapan atau mimpi yang begitu besar. Ketika kita menjalankan telah kebayang kedepannya akan jadi tapi semua yang kita jalanin itu harus sesuai kerja keras dan niat. Jika tidak ada niat dan kerja keras hanya sebatas mimpi.

Berekspektasi lah sebatas mampunya terlebih dahulu jadi ada pencampaiannya jangan langsung ke tinggi. Ketika kita ekspektasi yang begitu tinggi dan gagal akan menimbulkan kekecewaan yang membuat kita putus asa dan sedih.

Kekecewaan karena gagal ekspektasinya
Picture from Unsplash

Baca Juga : Intip! Cara menjadi Millennials yang “Hobi Menghasilkan Uang” dan Tips Mengembangkannya

Itulah 6 tips meningkatkan kreatif dan inovatif, cocok juga untuk kamu yang ingin mengembangkan usahamu hobbers. Jika ingin punya hobi yang ingin menghasilkan dapat kamu dicoba. So, tunggu apalagi mulai sekarang kita latih dan tingkatkan!

Gimana? Penasaran bukan? Jika kamu ingin tahu kegiatan Hobi Beruang atau info-info menarik tentang hobi follow sosial media kita


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *