Memulai sesuatu seringkali terasa sulit, termasuk mengubah hobi menjadi suatu peluang usaha kreatif. Bisa jadi kamu terkendala mengatur waktu antara kesibukan dan waktu luang untuk menyalurkan hobimu. Kendala lain bisa dalam hal mengelola budget untuk mendukung hobimu.

Memiliki hobi seharusnya membantu kamu mengurangi stress, bukan justru menambah. Setuju ga, Hobbers? Nah, makanya disini Minhoo ingin memberikan beberapa cara agar kamu tetap bisa menikmati hobimu tanpa rugi dan mengganggu waktumu.

Manajemen Waktu Usaha Kreatif

usaha kreatif dengan mengatur waktu

Mari kita mulai dengan cara mengelola waktu. Kamu pernah merasa waktu 24 jam kurang? Belum tentu karena kamu sedang super hectic lho, bisa jadi pembagian waktumu yang kurang seimbang.

Membuat Jadwal dan To Do List

Mulai harimu dengan membuat jadwal kegiatan yang mau kamu kerjakan. Tulis prioritas kegiatan yang perlu kamu selesaikan pada hari itu. Bukan berarti kamu harus mengerjakannya tanpa jeda istirahat ya! Gunakan jadwal ini untuk memastikan kamu lebih terorganisir, tetap luangkan waktu untuk berhenti dan refresh dirimu. Kalau kamu penat, ide usaha kreatif malah jadi susah muncul dan pekerjaan jadi terhambat.

Selesaikan Pekerjaan yang Paling Penting Dahulu

Dalam satu hari ada hal yang merupakan prioritas untuk kamu kerjakan dan beberapa hal lain yang bisa kamu kerjakan hari itu walaupun tidak mendesak. Nah, usahakan selesaikan dari yang paling urgent itu ya, Hobbers! Biar kamu akan lebih merasa tenang dan tanpa beban. Baru susul dengan kegiatan lain agar harimu lebih maksimal.

Fokus pada Hal yang Kamu Kerjakan

Kamu sering merasa terdistraksi saat bekerja? Tiba-tiba jadi kepikiran pengen ngerjain B pas lagi ngerjain A? Wah gawat, tandanya kamu kurang fokus!

Ini bisa merugikan kamu lho, Hobbers. Kamu gak akan bisa maksimal karena kamu gak sepenuhnya mengerahkan pikiran dan kemampuanmu. Mending kamu benar-benar menyelesaikan satu tugas dulu, biar bisa lanjut ngerjain kerjaan lain.

Jangan juga tergoda dengan sosial media atau nonton-nonton youtube juga ya, Hobbers. Coba gunakan teknik pomodoro biar kamu bisa fokus dalam rentang waktu tertentu dan tetap bisa seneng-seneng melakukan hobi di waktu jeda.

Jangan Menunda-nunda

Perhatian buat para procastinator! Kalau bisa menyelesaikan lebih awal, kenapa harus nanti-nanti sih. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan lho, salah satunya kamu bisa mengecek hasil pekerjaanmu sampai benar-benar sempurna. Jadi hasilnya lebih minim kesalahan. Kalau semua kerjaan udah dikumpulin, kamu bisa mengerjakan hobi tanpa khawatir.

Efektif dalam Menggunakan Waktu

Jangan sampai kamu menghabiskan banyak waktu di satu pekerjaan saja. Kalau kamu udah beneran gak bisa mikir, coba take a break atau lakukan hobi kamu sebagai selingan. Terus kalau kamu juga duduk di depan laptopmu tanpa membuat kemajuan dalam waktu lama, ini tandanya kerjaan mulai tidak efektif. Nah daripada waktunya terbuang, coba cari inspirasi dengan melakukan hal lain di to-do list kamu.

Jangan sampai Mengganggu Waktu Tidurmu

Kalo kata Bang Rhoma Irama, begadang itu cuma kalo ada perlunya aja. Minhoo setuju banget, karena istirahat berkualitas itu membantu proses berpikir kamu biar lebih jernih. Kalau bisa berpikir jernih, dijamin bakal banyak ide usaha kreatif yang bisa kamu hasilkan.

Manfaatkan Akhir Pekan

Kamu gak harus memadatkan semuanya di hari kerja kok, gunakan akhir pekan sebagai momen resetmu. Selama akhir pekan, usahakan kurangi porsi waktu untuk bekerja dibanding waktu luangmu. Nah tapi kalau waktu luangmu kebanyakan digunakan untuk rebahan, mending diisi dengan melakukan hobi!

Melakukan hobi di akhir pekan artinya waktumu akan lebih banyak, tanpa harus dikejar pembagian waktu kerjaan. Kamu juga gak perlu melakukannya sendiri, siapa tahu ada keluarga atau temen yang bisa kamu ajak bareng.

Masalah mengatur waktu, Minhoo mau rekomendasi video yang ini biar manajemen waktumu semakin mantap.

Manajemen Keuangan Usaha Kreatif

usaha kreatif dengan mengatur keuangan

Kalau udah seneng dengan suatu hobi, terkadang kita jadi tergoda untuk membeli segala hal yang berkaitan dengan hobi itu. Masalah ini harus diantisipasi dengan menyiapkan budget untuk hobi agar tidak mengganggu kebutuhan lain. Yuk, simak tipsnya berikut ini.

Atur Anggaran Khusus

Kunci utama agar keuangan tetap sehat adalah membagi porsi uang sesuai pengeluarannya. Tidak harus dalam jumlah besar, yang penting konsisten. Tetap utamakan kebutuhan utamamu ya, Hobbers.

Misal kamu seorang pelajar yang memiliki hobi membaca. Sebagai pelajar, danamu mungkin masih terbatas, jadi tiap bulan kamu menargetkan beli maksimal 2 buku aja dengan budget Rp200.000. Anggaran ini harus kamu patuhi biar gak mengganggu kebutuhan primermu.

Cari Diskon atau Preloved

Beberapa hobi membutuhkan alat atau bahan yang lumayan, tapi jangan terburu-buru untuk membeli karena bisa saja harganya turun di momen tertentu. Pantau terus informasi terbaru di marketplace atau penjual yang recommended, jadi kamu gak akan ketinggalan pas ada diskon.

Selain beli baru, jangan gengsi untuk beli versi prelovednya. Banyak kok yang jual merk original dengan kondisi bagus. Ini cocok untuk buat kamu yang masih pengen nyoba-nyoba, soalnya kamu bisa mendapatkan setengah harga untuk kualitas yang sama.

Berani Bilang “Tidak”

Kalau pengeluaran buat hobi udah melebihi batasnya, kamu harus berani untuk menolak dan berhenti. Intinya kamu tetap harus bisa mengendalikan diri dan keinginanmu ya, Hobbers. Jangan sampai menyesal karena rekening kamu udah kosong di akhir bulan.

Pastikan Kamu Berada di Komunitas yang Tepat

Saat bergabung di komunitas, kamu bisa mendapatkan info tentang barang berkualitas yang murah dan tempat membelinya. Biasanya infonya super terpercaya, jadi pasti bisa menghemat pengeluaran.

Pastikan juga kamu dikelilingi orang-orang yang gak mendorong kamu untuk boros. Apalagi cuma buat flexing! Ingat hobi itu sejatinya untuk memberikan kesenangan untuk dirimu sendiri.

Jangan Sampai Berhutang

Berhutang sesungguhnya membawa lebih banyak konsekuensi dibandingkan kesenangan lho, Hobbers. Kepuasan karena bisa mendapatkan sesuatu hanya akan kamu rasakan di awal, dibalik itu ada cicilan bulanan yang perlu kamu bayar.

Jadi kalau bukan untuk keperluan yang mendesak, jangan sampai berhutang ya. Jangan sampai hobimu mengancam kesehatan finansialmu.

Kalau masih penasaran caranya mengatur keuangan, coba kamu tonton video berikut tentang metode Kakeibo.

Nah, semoga sekarang kamu gak memakai alasan keuangan atau waktu untuk memulai usaha kreatif dari hobimu ya, Hobbers. Dalam mengatur keuangan, pastikan kamu membagi porsi pengeluaran dari awal. Setelah itu, usahakan konsisten dengan rencana agar tidak boncos.

Kalau budget udah aman, pastikan kamu bisa membagi waktu untuk menekuni hobimu. Pastikan kamu menggunakan waktu secara efektif agar bisa lanjut melakukan hobi dengan tenang. Selamat mencoba ya!

Udah ada waktu dan budget tapi belum kepikiran ide buat usaha kreatif? Coba cek ide bisnis terbaru yang udah Minhoo kumpulin. Siapa tahu kamu jadi terinspirasi dan pengen langsung nyoba!


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *