Bahan dasar kayu adalah bahan yang paling banyak dicari dan bahan yang paling serbaguna, kenapa? Karena material kayu dapat mengukirnya, memotong dan membentuknya. Kamu juga dapat mengecatnya dan mendesainnya yang unik. Dengan proyek kerajinan dari kayu yang unik ini, kamu dapat melihat betapa serbagunanya bahan ini.

Kerajinan dari kayu untuk pemula
Pic from Unsplash

Walaupun material kayu terlihat barang tua tapi kamu pernah lihat ciri-ciri orang kaya pasti dirumah nya ada pajangan kayu tua atau meja makan nya kayu tua. Apalagi kayu yang mereka pakai adalah kayu kelas tinggi maka dibenakmu harganya mahal.

Material kayu kita rasakan sebagai bahan yang natural alam dan indah untuk memandangnya. Bila kamu seorang kreativitas yang sangat tinggi maka kamu harus coba buat kerajinan dari kayu. Jika kamu membuatnya menarik dan unik maka magnet daya tarik harga jualnya pun sangat menarik.

Beberapa Jenis Kayu yang Digunakan

Banyak varian kayu yang di tawarkan di dunia dan ada juga kayu yang bagus buat dijadikan kerjanin. Jenis-jenis kayu yang digunakan juga memiliki karakteristik, ciri khas dan manfaat kegunaannya masing-masing kayu.

Kayu yang dipakai pun beragam harganya tergantung umurnya, semakin tua kayu maka kayu yang ditawarkan pun juga mahal. Selain itu kayu mempunyai tekstur, serat kayu dan berat yang bisa dijadikan kerajinan. Tekstur dan serat dari batang kayu kamu bisa menyesuaikan sesuai jenis apalagi kalo seratnya kelihatan cantik atau mempunyai alur yang bagus. Nah, daripada bingung  berikut ini jenis-jenis kayu yang sering digunakan:

  1. Kayu Jati

Kayu ini berdomisili di Jawa, Bali dan NTB. Lebih dominan kayu ini dicari di sebaran hutan Jawa. Disebut rajanya kayu karena ketahanannya yang lama, daya retak yang rendah dan yang paling penting tahan rayap. Rata-rata pengguna kayu jati paling dominan jadi barang furniture atau mudah membuat ukiran.

  1. Kayu Meranti

Kayu meranti merupakan jenis kayu yang juga sering digunakan karena tergolong kayu yang awet, mudah dikeringkan dan strukturnya keras.  kayu ini memliki banyak kegunaan dari konstruksi bangunan, bahan mentah kertas, dan bahan furniture pastinya. Kayu ini yang berdomisili di hutan tropis memliki banyak kegunaan dari konstruksi bangunan, bahan mentah kertas, dan bahan furniture pastinya.

  1. Kayu Pinus / Jati Belanda

Kayu pinus atau orang indonesa lebih dikenal dengan sebutan kayu jati belanda. Di Indonesia lebih dominan di daerah Sumatra khususnya pinus merkusi atau dikenal dengan Pinus Tusam. Kayu ini berbahan lebih lunak dibandingkan dengan pohon lainnya. Warnanya begitu terang dengan tampilan putih krem makanya sangat mudah diwarnai dan membuka kemungkinan mudah di kreativitas. Tentunya pohon ini sangat kaku karena kekakuannya membuat kayu ini tahan lama dan pastinya tahan goncangan. Meskipun furnitur dari kayu ini tergolong cukup berat dan kokoh, namun kayu ini lebih ringan dibandingkan kayu lainnya.

  1. Kayu Mahoni

Kayu mahoni berasal dari pohon mahoni. Pohon mahoni yang berusia 10 tahun bisa dipanen dan dapat diambil sebagai kayu mahoni untuk material furnitur. Karakteristik kayu mahoni memiliki warnah merah muda yang pucat. Serat kayu mahoni yang sifatnya lurus dan terpadu memberi kemudahan untuk dipotong sesuai bentuk yang diinginkan. Kayu mahoni sangat menawan jika dilapisi dengan cat warna natural atau klasik.

  1. Kayu Akasia

Kayu akasia sangat popular untuk dijadikan bahan baku kontstruksi, bahan pintu dan kusen jendela. Kayu ini keras dan kuat maka dapat dibuat menjadi bahan konsturksi bangunan. Kayu ini dapat difinishing warna natural dan dapat diukir mudah karena serat pada pohon ini bagus. Lebih penting lagi kayu ini dapat tahan airnya dan yang pasti harganya lebih terjamin.

Baca Juga : 10 Website Millenials Freelance Dapatkan Uang dari Internet

Dari jenis-jenis kayu di atas, kamu bisa membuat kerajinan dari kayu menjadi sebuah barang kreatif, unik dan memiliki nilai estetik. Menurut kamu kira-kira kerajinan kayu ini dapat diubah apa ya? Yang pastinya diubah menjadi barang manfaat dan memikat para pencinta kayu atau pun para desainer interior. Varian dari pohon memiliki nilai harga sendiri. Jika kamu suka berkebun atau menanam pohon, 10 tahun mendatang pohon akan berguna buat kamu dan pemasukan kamu nantinya

Nah daripada bingung mari kita intip 10 kerajinan dari kayu yang minhoo sudah rangkum :

  1. Meja

Banyak ide kreatif dan unik dalam membuat kerajinan dari kayu yang bisa dicoba salah satunya meja. Beberapa varian meja yang bisa kamu lihat dari kerajinan ini seperti meja rias, meja belajar, meja letak lampu tidur, meja lipat dan lain-lain.

Jika kamu seorang pemula dan mempunyai peralatan memadai, nah kamu bisa mencoba dunia kerajinan dari kayu. Sebelum memulai buat meja cobalah bikin meja yang ukuran kecil dahulu untuk ukuran anak kecil. Untuk jenis kayu yang digunakan kamu bisa mencoba kayu magohani atau pinus.

Apabila kamu sudah mahir membuatnya maka dapat jual hasil kerajinanmu sendiri. Harga yang ditawarkan variatif mulai dari Rp.100.00 itu harga meja lipat. Kalau meja yang tergolong besar penggunaan kayunya banyak maka kamu bisa banderol harga mulainya sekitar Rp400.000 bila mempunyai ukiran menarik bisa tawarkan harga tinggi.

  1. Pajangan Dinding

Menambahkan aksesoris di dalam rumah adalah satu hal kegiatan yang paling menyenangkan karena kita mendekor isi rumah untuk memperlihatkan kecantikan rumah. Melihat dinding rumah kosong melompong hanya balutan cat saja terasa hampa dan kaku, sehingga kurang enak dipandang. Kamu sendiri bingung aksesoris apa saja yang cocok dan menarik untuk diletakkan.

Berbagai macam kerajinan dari kayu dapat menghadirkan suasana rumah kamu. Macam-macam pajangan yang wajib dipunya untuk mengisi rumah mu adalah :

  • Floating Selves Artistik. Untuk mempercantik rumah bisa dipasang floating selves di dinding kamu. Berbagai bentuk yang bisa dibuat standarnya papan kayu persegi panjang biasa tapi juga bisa dibikin bentuk segi enam antar jarak berbeda
Floating Selves Artistik salah satu kerajinan dari kayu
Pic from Unsplash
  • Palet Kayu Karya Seni Murah Dinding. Fungsi kayu banyak sekali kegunaannya sekarang ketika kita memesan barang fragile online meminta packagenya kayu. meskipun kayu bekas peti kemasan bisa kamu daur ulang kegunaan sebagai dinding hiasan artistik dan terkesan elegan.
Kerajinan dari kayu
Pic from Unsplash
  1. Papan Gantungan

Kita sering melihat papan pengenal toko dijalan sebagai letak posisi toko yang kita cari. Apabila kamu mempunyai usaha maka bisa memakai papan kayu gantungan didepan toko.

Papan kayu gantung bisa dibuat sendiri dari kayu bekas palet. Pembuatan lebih efisien tidak perlu beli peralatan mesin yang mahal dan cocok buat kamu memulai usaha kerajinan dari kayu.

papan gantungan salah satu kerajinan dari kayu
Pic from Unsplash

Baca Juga : 7 Website Resep Masakan Yang Boleh Di Contek Untuk Isi Piringmu

  1. Frame Foto

Kita mempunyai kenangan kumpul-kumpul baik bersama keluarga, pasangan, maupun sahabat pastinya kita tidak ingin kehilangan momen tersebut dengan berfoto bersama. Foto tersebut tidak hilang maka kita print lalu kita pajangkan kenangan dengan frame foto yang menarik.

Jika kamu tertarik dunia kerajinan dari kayu mencobanya kamu bisa coba buat frame foto. Proses pembuatan frame foto bisa dibilang tergolong muda. Alat yang digunakan mungkin sebagian dari kita punya yaitu palu, paku, meteran, lem dan yang pastinya kayu, bisa pakai kayu bekas teragantung ukuran yang kamu mau.

Bila sudah mahir membuat frame fotomu, bisa kamu jualkan online maupun offline.

  1. Alat Makan

Buat para ibu-ibu rumah tangga, alat-alat rumah tangga pasti sering dicari. Apalagi alat makan sebagai tempat wadah makan kita.

Alat makan dari kayu cocok untuk mengisi rumah kamu agar terlihat elegan dan natural. Selain itu, kerajinan dari kayu ini terlihat unik kita melihat kayu berbentuk garpu, sendok, piring, mangkok, gelas dan lainnya.

alat makan kayu
Pic from Unsplash

Harga peralatan makan terbuat kayu tidak terlalu mahal cocok buat kantong kamu walaupun harganya lebih mahal dibandingkan alat makan terbuat dari stainless steel dan plastik tapi kalo kamu ingin terlihat elegan dan natural di mata orang cocok ini buat kamu.

Baca Juga : Private: 5 Aplikasi Jastip Online Untuk Mendapat Cuan Dari Hobi Travelingmu

  1. Lemari Pakaian

Salah satu pengisi ruangan kamar kita, tempat letak taruhnya pakaian kita, yakni lemari pakaian salah satu kerajinan dari kayu. Lemari pakaian paling sering dicari apalagi kaum muda-mudi yang baru pindah rumah. Apalagi kita lebih senang punya ruang pakaian sendiri di rumah.

Dulu lemari pakaian suka berbentuk ukiran diatasnya lemari ala-ala kerajaan. Semenjak IKEA masuk di Indonesia, lemari pakaian sekarang lebih simpel hanya berbentuk kotak biasa tanpa ukiran dibalut warna palet sudah terlihat elegan dan “wah”.

Kamu juga bisa buatnya kok buatnya tidak usah membuat yang terlalu besar buat yang ukuran kecil saja lemari 100x50x150. Memang rada ribet tapi kenapa tidak mencoba nya saja untuk menambah pengalaman. Kamu bisa lihat di video ini

  1. Kursi Baca

Kamu pasti pernah jumpa kursi salah satu kerajinan dari kayu. Kesan yang diterima bila mempunyai kursi kayu terasa dilihat natural dan elagan apalagi ditambah ukiran-ukiran yang unik.

Nah, kamu bisa membuatnya sendiri kok dengan kreasi buatanmu sendiri dengan membuat kursi baca yang dibawahnya bisa tempat penyimpanan. Ya, buatnya yang mudah dulu aja yang ukuran kecil dengan ukuran kayu kotak 40cm lalu bentuk kubus tapi atasnya jangan ditutup mati. kamu bisa lihat videonya di bawah ini.

  1. Standing Hanger

Aksesoris satu ini sering kita lihat di rumah minimalis sebagai hiasan yang estetik dipadupadankan disampingnya pohonan hijau dan tembok rumah ala industrial. Selain menjadi hiasan, standing hanger salah satu kerajinan dari kayu yang wajib kamu punya untuk menambah rasa elagan dan natural.Nah, aksesoris ini bisa kamu taruhkan di ruangan kamar mandi sebagai pengantung handuk.

Bisa dapatkan di toko store marbel terbesar di Indonesia atau di offline. Harga untuk satu buah standing hanger dibanderol mulai dari Rp.150.000. Kamu bisa lihat video ini dari channel Hobi Kayu.

Baca Juga : Hobi Traveling Enggak Bikin Boncos Malahan Cuan, Gini Caranya Bos

  1. Box Penyimpanan

Terkadang kita membutuhkan tempat penyimpanan karena barang-barang yang begitu banyak dan supaya tertata rapi untuk menyimpan barang. Maka sangat penting sekali kita membutuhkan box penyimpinan salah satu kerajinan dari kayu. Box penyimpanan terbuat dari kayu mungkin terlalu mahal buat dirimu tapi untuk kamu yang ingin terlihat elegan dan natural.

Box penyimpanan bisa kamu buat sendiri kok, bisa gunakan palet kayu bekas atau bisa gunakan kayu yang baru. Untuk pemula kamu bisa pake kayu yang murah aja dulu yaitu kayu pinus atau kayu mahoni.  Kamu bisa lihat video ini proses pembuatan box penyimpanan.

  1. Tablet atau Ipad Holder

Buat para pengguna tablet, aksesoris tambahan suka dicari untuk menambah mempercantik tampilan tablet saja tapi juga bisa memberi manfaat yang lebih untuk penggunanya. Kerajinan dari kayu berupa tablet holder sangat bermanfaat untuk kamu loh, yakni sebagai penyangga dirinya tablet kamu jika ingin menonton atau sebagai layar kedua aktifitas laptop kamu.

Pembuatan tablet holder cocok buat kamu yang ingin coba membuat kerajinan dari kayu. kamu bisa gunakan papan talenan kayu. dapat kamu lihat proses pemubatannya di video ini.

Baca Juga : Strategi Mengatur Waktu dan Keuangan untuk Mengembangkan Usaha Kreatif dari Hobimu

Nah, itulah kerajinan dari kayu buat kamu yang ingin mencobanya. Mudah bukan? Mungkin beberapa ada yang ribet tapi kenapa tidak untuk mencoba nya sebagai meningkatkan skill baru kamu. Banyak para pengrajin kayu yang sudah mahir produk barangnya sudah ke mancanegara. Selamat mencobanya hobbers!

Untuk hobbers yang penasaran dengan aktifitas Hobiberuang bisa kamu ikuti sosial media kita dan pastinya banyak info-info menarik yang patut kamu tungguin.

Kategori: Crafting

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *