hobi travelling dapat duit

Siapa Hobbers disini yang punya hobi traveling, lo banget enggak sih. Pastinya setiap orang punya keinginan untuk mengunjungi tempat-tempat baru yang menarik.  Menikmati sajian menu-menu lokal yang menggugah selera sambilan memandangi pemandangan alam yang indahnya susah untuk dilukiskan. Apalagi jika ditemani sama pasangannya, sudah jadi paket komplit yang susah untuk di tolak.

Semua setuju bahwa punya hobi traveling bukanlah hobi yang murah. Mulai dari biaya untuk  tiket penerbangan yang ajigile sampai dengan biaya pembuatan visa, jika lo berencana untuk jalan-jalan keluar negeri. Sebesar apapun biayanya, pengalaman berharga yang akan lo dapatkan dari jalan-jalan akan sangat sepadan. Banyak hal yang lo dapat dari jalan-jalan, mulai dari belajar berinteraksi dengan banyak orang asing, mempelajari budaya baru serta membuka wawasan lo tentang kemanusiaan.

Khususnya bagi Hobbers yang merasa dirinya kaum milenial. Kaum milenial memiliki perbedaan cara memandang hidup yang berbeda jika dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya. Salah satunya adalah cara menikmati hidup, hidup dipandang hanya satu kali dan sudah seharusnya untuk dinikmati atas berkah hidup yang hanya sekali ini, istilahnya YOLO You Only live Once. Maka enggak heran, menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh businessinsider dikatakan bahwa 65% kaum milenial bekerja untuk dapat menyalurkan hobi jalan-jalannya. Bahkan lebih tinggi jika diandingkan dengan bekerja untuk membayar tagihan-tagihannya.

Eitss…

Bagi lo yang punya kondisi keuangan yang terbatas jangan sedih, kita sama. Tapi tenang, banyak kok cara untuk tetap bisa menyalurkan hobi traveling lo. Bukan hanya menekan biaya traveling tapi juga menghasilkan duit dari hobi jalan-jalan loh.

Ini gue bakal sharing sama kalian semua bagaimana caranya untuk menghasilkan duit dari hobi. So, mungkin bisa untuk menambal rekening yang udah kadung tipis dan udah miris banget. Bisa juga digunakan sebagai budget jalan-jalan untuk tahun depan. Atau malahan siapa tau kedepannya beberapa cara ini bisa jadi pilihan pekerjaan untuk hobi traveling mania.

Cara Mendapatkan Duit Bagi Yang Hobi Traveling

hobi travelling dapat duit dengan jual foto

Jual Foto

Foto dan traveling itu kaya udah dua hal yang enggak akan bisa dipisahkan. Jalan-jalan tanpa foto-foto kaya sayur tanpa garam, tawar. Kamera udah menjadi barang wajib bagi para traveler untuk mengabadikan momen maupun keindahan-keindahan lainnya yang lo dapat selama perjalanan.

Jadi kalo merasa hasil yang lo potret cukup bagus dan layak dijual, bisa mempertimbangkan untuk menjual hasil karya itu.  Daripada foto-foto yang diambil selama perjalanan cuma menghabiskan memori aja, mending dijual secara online. Jangan paling banter di share di Instagram untuk memanen like dari followernya. Dijual dapat duit, siapasih yang ga suka sama duit. Cuan cuan.

 Saat ini ada banyak kok platform-platform yang bisa digunakan untuk menjual foto-foto hasil traveling lo. Tinggal dicari aja website-website yang menawarkan layanan jual foto yang terpecaya. Beberapa website yang mungkin bisa dipertimbangkan, misalnya : Shutterstock, Dreamstime, iStockphoto, Alamy, Freedigitalphotos, dan 500px.

Masih banyak platform lainnya silahkan di google sendiri, tinggal dilihat mana yang paling cocok dan jangan lupa dibaca segala ketentuannya ya.

hobi travelling menjadi travel writer

Jadi Travel Writer

Kalo lagi ke toko buku sering enggak sih lo liat banyak buku yang menulis tentag traveling. Mulai dari buku “How To Be A Good Traveller For Dummies” sampai dengan buku memoir perjalanan.  Ini adalah buku-buku yang ditulis oleh para traveler yang hobi traveling, menelusuri pelosok dunia dan menuliskan pengalaman-pengalamannya untuk dibagi dengan banyak orang-orang.

Untuk yang punya minat menulis, boleh dijajal untuk jadi travel writer. Sangat mungkin bisa mengikuti langkah-langkah mereka. Cobalah tulis pengalaman-pengalaman menarik yang didapat selama perjalanan. Semakin menarik pengalaman yang lo dapatkan, semakin menarik pula tulisan yang lo hasilkan. Daripada cuma bisa sharing pengalaman sama temen dekat doang, coba sharing pengalaman uniknya lebih luas. Manatau bisa dapat cuan dari royalty.

Ada banyak contoh travel writer sukses di Indonesia, salah satunya adalah Ka Trinity. Siapa yang enggak kenal film “Naked Traveller”. Film yang diperanin sama Maudy Ayunda ini rupanya adalah adaptasi dari buku tulisan Ka Trinity tentang hobi jalan-jalan keliling dunianya. Kalo lo masih pemula, mungkin bisa untuk memulai dari menulis di blog pribadi sekalian belajar bagaimana cara menulis yang baik dan dapat diterima di tengah msyarakat. Gue percaya asal lo konsisten, terus berlatih dan belajar sangat bisa untuk mendapat cuan dari tulisan-tulisan perjalanan yang lo tulis.

Jadi Youtuber

Katanya sih youtuber udah jadi profesi favorit anak-anak sekarang. Coba deh lo aktif di youtube dengan konten traveling, sesuai dengan hobi traveling yang lo punya. Apalagi kalo lo punya bakat dalam editing dan sinematografi yang sesuai, pasti ciamik dan bakal banyak viewer. Jangan lupa akun youtube lo di monetize supaya masuk adsense.

Banyak hal yang bisa lo jadiin konten, hal paling sederhana contohnya seperti  trasnportasi, baik itu pesawat, bus, kereta api, atau malahan kapal laut. Itu semua menarik untuk ditonton. Ataupun hal menarik lainnya seperti akomondasi serta makanan lokal. Selain itu ada banyak budaya-budaya lokal yang menarik untuk di tampilkan sebagai konten. Tapi tetap hormati budaya masyarakat lokal dengan meminta ijin sebelum mengabadikan mereka. Lo harus tetap jadi traveler yang bijaksana dan bertanggungjawab. Hormati budaya masyarakat lokal dan jangan menghina ataupun merendahkan  siapapun dimanapun dan dimanapun.

hobi jalan-jalan jasa titip

Jasa Titip

Ini juga cara yang sangat simple dan bisa dilakukan tanpa harus punya skill apapun, berbeda dengan cara-cara diatas yang masih memerlukan skill. Lo bisa bantu banyak orang untuk mendapatkan barang-barang yang diidamkan, tetapi hanya ada di tempat yang lo datangi. Baik itu barang branded yang belum masuk ke kota lo atau bahkan barang khas dari suatu wilayah.

Ada banyak jenis barang yang bisa lo tawarkan, mulai dari barang fashion atau tas highend merk ternama dari Eropa atau juga skincare dari Korea. Semua barang itu bisa lo tawarkan ketika sedang jalan-jalan ke wilayah-wilayah tersebut. Enggak selamanya harus barang dari luar negeri, bahkan untuk traveling di domestik juga ada banyak barang menarik minat orang banyak, contohnya seperti kain tenun Sumba yang eksotis ataupun kopi Toraja yang nikmat.

Nah itulah beberapa tips yang bisa hobbers coba, semoga bisa cuan banyak dari. Silahkan komen dibawah jika ada tips-tips lainnya.

baca juga: Sudah tau belom kalo hobi berkebun dapat menghasilkan uang?


1 Komentar

16 Ide Bisnis Kreatif Terbaru, Ubah Hobi Jadi Cuan! - Hobi BerUang · Mei 3, 2021 pada 10:30 am

[…] Baca Juga : Hobi Jalan-Jalan Enggak Bikin Boncos Malahan Cuan, Gini Caranya Bos […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *